Multicursor - Busy

Monday, February 27, 2017

Fakta Unik Pemasaran ! | Akan Buat Anda Ber-"Oh..."

PEMASARAN. Ketika mendengar kata itu, apa yang kalian pikirkan? Pasti banyak yang berpikir bahwa Pemasaran adalah kegiatan menjual produk. Tapi, sebenarnya pemasaran lebih dari itu. Banyak hal menarik yang belum diketahui tentang Pemasaran. Dan kali ini kita akan membahasnya secara detile. Here We Go!




1. Pemasaran ≠ Penjualan
    Banyak yang berpikir pemasaran sama dengan menjual. Tetapi itu mitos. Dan mitos itu bukan fakta. Karena faktanya adalah penjualan hanya puncak dari pemasaran. Penjualan adalah kegiatan menjual produk kepada konsumen dan hanya memprioritaskan laba. Tetapi di dalam pemasaran meliputi banyak hal seperti Analisa & Riset Pasar, Perencanaan Pemasaran, Segmentasi Pasar, Strategi Pemasaran, dan Pelayanan Penjualan. Jadi Pemasaran itu mencakup banyak hal dan memiliki jangkauan yang luas, bukan hanya sekedar menjual produk saja. Serta tujuan utamanya untuk memuaskan konsumen.

2. Anak Pemasaran Harus Multitalent
  • Harus bisa Akuntansi. Karena kita akan berurusan dengan perhitungan modal dan laba.
  • Harus bisa Tata Buku. Karena kita harus melakukan pengadministrasian barang dan jasa yang benar  dan sesuai prosedur.
  • Harus bisa TekIn. Sekarang Globalisasi Guys! Teknologi telah menjadi hal wajib dalam dunia usaha.  Kita bisa merambah konsumen seluas mungkin dengan mudah jika kita menggunakan jaringan  internet. Contohnya pemasaran online atau e-commerce. Sehingga menguasai teknologi informasi  adalah suatu keharusan bagi seorang pemasar.

3. Anak Pemasaran Harus Pandai Merayu
    Merayu konsumen ya? Kita harus bisa meyakinkan konsumen atau istilahnya 'merayu' agar mereka tertarik dengan produk yang kita tawarkan. Jadi public speaking adalah salah satu modal utama seorang pemasar. Itulah sebabnya anak pemasaran cenderung banyak bicara. Karena bawaan.

4. Anak Pemasaran Harus Belajar Meramal
    Yang paling menyenangkan dalam pemasaran adalah 'belajar meramal'. Meramal apa yang menjadi keinginan konsumen. Atau kata lainnya adalah menganalisis apa yang sebenarnya konsumen inginkan, bagaimana selera mereka, dan apa yang mereka butuhkan. Dari situ seorang pemasar bisa menciptakan produk yang benar-benar sesuai dengan keinginan konsumen. Jadi anak pemasaran juga harus PEKA! Peka pada konsumen...


Itu dia sedikit fakta tentang PEMASARAN yang mungkin selama ini banyak orang yang belum mengetahui. Semoga bermanfaat ya...? Salam Marketing !


No comments:

Post a Comment